VIVITVIDEO
Dari semua teh kemasan di rak supermarket, teh yang paling erat terkait dengan diet dan kebugaran adalah teh hijau. Teh hijau telah dipuji sebagai penurunan berat badan keajaiban yang dapat.

Manfaat Teh Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan

Sebagian besar penelitian ke dalam manfaat kesehatan dari teh hijau masih dalam masa pertumbuhan, dan studi lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan secara definitif beberapa klaim yang dibuat oleh para pecinta teh. Sementara teh hijau memiliki manfaat kesehatan yang tak terbantahkan.

  • meningkatkan metabolisme
  • Kolesterol LDL
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Penurunan kembung dan meningkatkan lemak

Teh hijau menawarkan solusi sempurna untuk orang-orang yang membutuhkan minuman sehat di pagi hari.Teh hijau memiliki antara 24-40 mg kafein per 8 oz. menjadikannya pilihan yang ideal untuk orang-orang yang suka dosis yang lebih kecil dari kafein.

Teh hijau adalah pilihan yang sangat baik bagi orang yang ingin menghindari soda dan minuman manis lainnya. Karena teh hijau adalah lemak, kalori dan bebas gula dan bisa dinikmati panas dan dingin, itu adalah tambahan yang bagus untuk setiap rencana makan yang sehat.

Teh hijau juga tinggi antioksidan alami yang disebut catechin. Salah satu antioksidan ini, epigallocatechin gallate (EGCG) telah dikaitkan dengan peningkatan metabolisme dan penurunan berat badan. Antioksidan dari teh hijau memiliki beberapa manfaat, karena fakta bahwa antioksidan adalah dilator, yang meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah dan membuat mereka kurang rentan terhadap penyumbatan darah.

Jika Anda sedang mencari cara untuk menambahkan teh hijau untuk rutinitas harian Anda, ada cara untuk memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari setiap cangkir yang Anda minum, berikut adalah tips untuk memperoleh manfaat dari teh hijau :

Pastikan teh hijau Anda benar-benar berwarna hijau. Jika teh berwarna coklat. berarti teh tersebut sudah teroksidasi dan memiliki kemungkinan kehilangan beberapa manfaat kesehatan yang Anda peroleh dari minum teh tersebut.

Pertimbangkan menyeduh banyak teh hijau dan kemudian menyimpannya di lemari es Anda sebagai penyegaran pada sore hari.

Manfaat Teh Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Untuk Kesehatan dapat mengatasi penyakit seperti diabetes, jantung, tulang, menangkal radikal bebas dan banyak lagi manfaat kopi hitam tanpa gula yang sangat bermanfaat bagi tubuh jadi lebih banyak mengurangi konsumsi gula pada minuman maka akan lebih terhindar dari penyakit diabetes.

Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Untuk Kesehatan

Selain banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan dari Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Untuk Kesehatan dan juga kopi hitam sangat baik bagi kesehatan jika di konsumsi tidak berlebihan karena kopi juga memiliki kafein baiklah apa saja Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Untuk Kesehatan.

1. Dapat Membuat Tetap Aktif


kandungan di dalam kopi hitam dapat mengatasi kamu cepat lelah dan ngantuk, karena dengan mengkonsumsi kopi hitam maka kamu akan selalu aktif dan bisa mengerjakan sesuatu yang lebih! dan juga kopi hitam sering di gunakan untuk orang yang sedang lembur bekerja.

2. Menjaga Kesehatan Jantung


menjaga kesehatan jantung sangat bagus sekali karena dapat meningkatkan kinerja jantung yang dapat memompa darah ke seluruh tubuh, karena kopi memiliki kandungan kalium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan juga membuat kinerja jantung menjadi bagus! dan dengan menjaga jantung yang tetap sehat akan menghindari kamu dari penyumbatan pembuluh darah dan yang menyebabkan penyakit jantung dan komplikasi penyakit jantung lainya dan juga Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Untuk Kesehatan jantung sangat baik.

3. Mengurangi Resiko Penyakit Diabetes


dengan mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula akan mengurangi potensi kamu terkena penyakit diabetes, karena banyaknya mengkonsumsi gula baik itu dari makanan ataupun minuman akan meningkatkan kadar gula pada darah, dan ini sangat berbahaya bagi tubuh bagi kamu penderita diabetes juga bisa mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula karena Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Untuk Kesehatan bisa meningkatkan insulin pada tubuh.

4. Memenuhi Kebutuhan Tubuh


kopi hitam adalah salah satu minuman yang memiliki antioksidan dan juga bisa menjadi sumber nutrisi seperti kalium,kromium,niasin,magnesium dan Vitamin E. selain kalium yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung kromium juga bermanfaat sebagai menurunkan potensi kolestrol dalam tubuh.

5. Menjaga Kesehatan tulang


seperti yang kita tahu bukan hanya saja jantung dan anggota tubuh lainya yang membutuhkan vitamin karena tulang juga yang kekurangan kalium akan menyebabkan beberapa komplikasi penyakit tulang, dan penyakit ini bisanya menyerang o0rang yang sudah lanjut usia jadi kamu di sarankan mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula untuk meningkatkan kesehatan tulang dan menjaga kesehatan tulang.

6. Menangkal radikal bebas


di dalam kandungan kopi hitam tanpa gula memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat menangkis radikal bebas dan ini juga berfungsi sebagai anti virus dalam tubuh karena apa lagi jika tubuh yang memiliki kerentanan terhadap virus maka akan mudah terserang penyakit! maka dari itu konsumsilah kopi hitam untuk mengatasi ancaman radikalbebas.

7. Menjadi penambah Diet


jika kamu sedang melangsungkan program diet maka ada baiknya kamu menggunakan kopi untuk menu tambahan diet karena kopi sangat rendah kalori dan dapat menambah Vitamin dalam tubuh! jadi kopi hitam ini hanya sebagai penambah saja bukan sebagai menu utama untuk menu utama kamu dapat mengkonsumsi makan-makanan yang rendah kalori dan lemak jenuh.

8. Mengurangi Resiko kangker


kopi hitam sangat bagus dan berfungsi untuk mengurangi resiko bagi terkena penyakit kangker jadi konsumsilah kopi hitam tanpa gula untuk mengurangi resiko tersebut dan harus kopi hitam yang memang rndah gula lebih baik untuk tubuh dari pada banyak gula.

beberapa di atas adalah Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Untuk Kesehatan jadi konsumsilah kopi seadanya karena selain dari manfaat kopi juga memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan.

Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Untuk Kesehatan

Mungkin Anda sering mendengar isu-isu wanita jadi hamil karena berenang atau berendam di pemandian air panas. Anda mungkin jadi takut untuk berenang di tempat umum, apalagi di kolam renang yang banyak laki-lakinya.

Mungkinkah Seorang Wanita Jadi Hamil Karena Berenang

Tunggu dulu, sebenarnya dari mana isu ini berasal? Mungkinkah Seorang Wanita Jadi Hamil Karena Berenang? Atau isu ini cuma hoaks yang disebarkan untuk menakut-nakuti wanita? Langsung saja cek penjelasan ilmiahnya di bawah ini.


Mungkinkah seorang wanita jadi hamil karena berenang?


Seorang pria mungkin saja berejakulasi (mengeluarkan air mani berisi sperma) di kolam renang atau pemandian, tapi apakah bisa sampai hamil karena berenang? Jawabannya adalah tidak.

Kenapa tidak bisa? Sperma yang dikeluarkan saat pria berenang tidak bisa berjalan mencari vagina, menembus pakaian renang, masuk ke leher rahim, dan membuahi sel telur sampai terjadi kehamilan.

Jika ejakulasi terjadi di air hangat biasa, sperma mungkin bisa bertahan selama beberapa menit untuk hidup. Namun, kemungkinan sperma dalam air untuk menemukan jalan ke dalam tubuh wanita sangat kecil sehingga kemungkinan hamil pun sangat rendah.

Mungkinkah Seorang Wanita Jadi Hamil Karena Berenang

Apalagi saat berenang atau duduk-duduk di kolam pemandian, bukaan vagina biasanya tidak dalam posisi membuka atau melebar. Vagina hanya akan membuka ketika akan melahirkan dan apabila Anda menerima rangsangan seksual. Maka, sebenarnya tidak ada jalan bagi sel sperma di air kolam untuk mencapai sel telur dalam tubuh wanita.

Sementara itu, jika ejakulasi terjadi di air panas atau di kolam renang yang dingin dan penuh dengan bahan kimia atau zat lain, sperma tidak akan dapat bertahan hidup selama lebih dari beberapa detik.

Sperma hanya dapat hidup di luar tubuh sebentar saja dan dalam lingkungan yang tepat. Nah, air kolam renang bukanlah lingkungan yang mampu menunjang kehidupan sperma. Jadi intinya, air tidak bisa menjadi perantara bagi sel sperma untuk masuk ke dalam tubuh wanita dan menyebabkan kehamilan. Maka, tidak perlu khawatir untuk berenang atau berendam di pemandian bersama dengan laki-laki.

Bisakah sperma menembus kulit dan bikin hamil?


Lagi-lagi, jawabannya tidak bisa. Untuk menghasilkan kehamilan, sel sperma harus masuk melalui leher rahim agar bertemu dengan sel telur. Sedangkan kalau sperma menempel di kulit saja, sel sperma tidak akan bisa diserap kulit kemudian dibawa menuju sel telur.

Mungkinkah Seorang Wanita Jadi Hamil Karena Berenang

Karena itu, Anda tidak akan hamil karena berenang dan kulit Anda menyentuh sperma orang lain. Lagipula, sel sperma akan segera mati di luar tubuh manusia, misalnya ketika menempel di kulit.

Lalu apakah seks di kolam renang bisa bikin hamil?


Jika Anda berhubungan intim dengan pasangan Anda di kolam renang atau di dalam air, kehamilan jelas mungkin terjadi. Pasalnya, penetrasi akan memungkinkan sperma untuk secara langsung masuk dan tersimpan di vagina, dan air di luar tubuh tidak akan mengganggu proses ini.

Berapa lama sperma dapat bertahan hidup?


Sperma dapat bertahan hidup di mana saja antara 20-60 menit di luar tubuh Anda. Namun, ini tergantung pada paparannya terhadap udara dan faktor lingkungan lainnya.

Sperma pada permukaan benda kering seperti pakaian atau kulit manusia akan mati pada saat air mani mengering. Dalam air hangat atau bak mandi air panas, sperma mungkin akan hidup lebih lama karena sperma dapat berkembang di tempat yang hangat dan basah. Akan tetapi, bisa bertahan hidup bukan berarti bisa “berenang” sendiri mencari vagina dan masuk ke dalam tubuh wanita.

Mungkinkah Seorang Wanita Jadi Hamil Karena Berenang

Ketika sperma berada di dalam tubuh wanita, sperma bisa hidup hingga 5 hari. Oleh karena itu, masih ada kemungkinana hamil, jika wanita dan pria melakukan hubungan seksual beberapa hari sebelum wanita tersebut berada dalam masa ovulasi.

Berapa banyak sperma yang dibutuhkan untuk hamil?


Hanya dibutuhkan satu sperma untuk membuahi sel telur wanita. Namun, setiap kali seorang pria mengalami ejakulasi, rata-rata hampir 100 juta sel sperma yang dilepaskan.

Lalu mengapa begitu banyak sperma yang dikeluarkan jika hanya dibutuhkan satu untuk membuahi sel telur? Sperma harus mampu membuahi sel telur, tapi ini bukan hal yang mudah karena kondisi lingkungan vagina yang asam bisa cukup mematikan sel sperma. Hanya sperma yang paling cepat dan sehat yang bisa menembus vagina dan mencapai sel telur.

Oleh karena itu, semakin banyak sperma yang dilepaskan, semakin besar pula peluang sel telur untuk dibuahi dan menghasilkan keturunan.

Jadi kesimpulannya adalah seorang wanita tidak akan hamil karena berenang, kecuali Anda memang berhubungan seks dengan pasangan di dalam kolam. Ini karena sistem reproduksi manusia memang bekerja dengan caranya sendiri. Maka, penting bagi setiap orang untuk memahami bagaimana cara kerja sistem reproduksi baik pada wanita maupun pria. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah termakan hoaks dan mitos-mitos yang keliru seputar reproduksi manusia.

Mungkinkah Seorang Wanita Jadi Hamil Karena Berenang?

Salah satu masalah yang paling sering bikin hubungan percintaan berakhir seperti perang dunia adalah perselingkuhan. Saat ini terjadi dalam hubungan kita, kita lebih sering menyalahkan si pihak ketiga. Padahal belum tentu si pihak ketika tau bahwa pacar kita udah punya pacar.

Tanda-tanda Cowok Tidak Setia

Ada kasus dimana pacar selingkuh karena kamu sendiri. Pada kebanyakan kasus, kamu dengan sialnya memang dapat pacar yang tidak setia. Dan kalau pacar kamu memang bukan tipe pacar yang tidak setia, perselingkuhan cuma tinggal menunggu waktu aja.

Tapi pacar yang tidak setia itu punya tanda-tanda yang bisa diidentifikasi sejak awal, bahkan sebelum perselingkuhan terjadi. Pada artikel ini akan saya bantuk kalian, khususnya cewek, untuk mengenali tanda-tandanya.

Artikel ini tidak berarti penghianatan buat kamu-kaum Adam. Karena buat cowok saya sudah sempat tuliskan artikel cara agar tidak kedapatan selingkuh. Biar fair, kali ini biar saya bantu cewek-cewek waspada sama ninja-ninja selingkuh hehe.

Saya sendiri juga pernah berada dalam posisi sebagai cowok yang tidak setia, jadi saya tau betul kecenderungan umum yang kami miliki sebagai cowok ketika hubungan percintaan di kepala kami hanya seperti petualangan.

Berikut ini adalah 15 tanda dan ciri cowok kamu tidak setia. Jangan gunakan info ini untuk menuduh, tapi gunakan sebagai pegangan untuk was-was aja.

1. Gak Bisa Diajak Spontan


Sialnya buat cewek, cowok yang tidak setia itu adalah cowok-cowok yang sangat mahir mengorganisir. Cowok seperti ini mahir mengatur waktu untuk pacar, untuk teman dan untuk calon cewek baru. Dan karena ini juga, mereka paling anti diajak berspontan ria.

Mereka susah diminta untuk melakukan sesuatu secara dadakan. Ini karena cowok yang tidak setia harus memastikan dulu bahwa gebetan atau cewek-cewek lain di hpnya tidak mengirim pesan selama dia lagi jalan bareng pacarnya.

Coba kamu tes dulu pacar kamu dengan ajakan yang spontan. Misalnya kamu tiba-tiba minta ditemani jalan, nonton atau makan. Penolakan mereka biasanya masuk akal dengan mengatasnamakan pekerjaan, tugas kuliah atau urusan keluarga. Jadi tidak perlu langsung dipaksakan.

Berikutnya, coba perhatikan jadwal kerja atau kuliah cowok kamu. Pilih tanggal dimana kamu bisa memastikan bahwa cowok kamu sedang tidak terikat pekerjaan, tugas kuliah ataupun urusan keluarga. Kemudian lemparkan ajakan jalan dengan tiba-tiba dan lihat reaksinya. Kalau cowok kamu masih saja berusaha mencari alasan yang mengada-ngada, sudah sepantasnya kamu curiga neng.

2. Mata Jelalatan


Oke, kita pakai analogi biar gampang. Semua cowok itu seperti kucing. Dan cewek yang berpinggul dan berdada “extra” terlihat seperti ikan yang gemuk di mata kami. Ini bukannya ngeres, tapi sudah insting bawaan setiap insan yang mengaku cowok sejak lahir. Maklum, kami mengemban tugas untuk memastikan spesies manusia tidak punah. Makanya kami diciptakan seperti ‘kucing lapar’ hehe…

“Oh jadi cowok cuma doyan cewek yang berisi gitu? Terus kami cewek-cewek yang kurus gimana dong?”

Oh, gapapa. Kamu gak harus jadi ‘ikan gemuk’ untuk dapat perhatian kucing. Karena namanya juga kucing, ikan kering pun diembat kok (peace).

Tanda-tanda Cowok Tidak Setia

Kembali ke topik. Walaupun semua cowok punya ketertarikan yang hebat ke cewek secara fisik, tapi ada kode etik dimana kami harus jaga mata ketika sedang bersama pacar. Ketika sedang bersama sang pacar, mata dan perhatian kami cuma untuk si doi, dan menjaga mata ini bukan sesuatu yang sulit. Kecuali buat cowok yang tidak setia alias hidung belang.

Salah satu ciri cowok yang tidak setia adalah mereka yang tidak mampu menjaga matanya saat sedang jalan bareng ceweknya. Kalau mata cowok kamu sering jelalatan saat kamu lagi jalan bareng, ini adalah bentuk ketidakmampuan dia menahan diri demi kamu. Kalau di depan kamu aja si doi sudah tidak mampu menahan diri, kira-kira gimana di belakang?

3. Gampang Akrab Sama Cewek


Status pacar selalu datang sepaket dengan kewajiban untuk menjaga jarak dengan lawan jenis yang lain. Ini bukan kode etik khusus cowok ataupun khusus cewek aja, tapi kode etik setiap mahkluk yang berani menyebut diri manusia beradab.

Semua cowok punya kelemahan yang sama ketika bicara soal lawan jenis. Dan karena kelemahan ini, cowok wajib menjaga jarak dengan cewek lain ketika sudah dalam komitmen pacaran. Tapi tidak demikian dengan cowok-cowok yang tidak setia.

Mereka juga tau betul kelemahan umum cowok yang bisa bikin mereka terjerumus perselingkuhan, tapi ini tidak cukup untuk membuat mereka menjaga jarak dengan cewek lain. Karena pada dasarnya memang, mereka sendiri yang mencari-cari kesempatan buat selingkuh.

Tanda-tanda Cowok Tidak Setia

Kamu boleh berkilah dengan bilang “Ah, cowok aku emang supel makanya punya banyak temen cewek”

Tapi faktanya, cowok yang sebenar-benarnya cowok tidak bergaul dengan cewek untuk ‘bersahabat’. Karena cowok tulen tidak akan 100% nyambung dengan cewek manapun itu, termasuk kamu sebagai pacarnya sendiri. Yang bisa menjadi sahabat sejati seorang cowok cuma cowok lain, dan ini adalah hukum alam.

Kalau cowok kamu punya banyak sahabat cewek ketimbang cowok, cuma ada 2 kemungkinan: cowok kamu tidak setia atau cowok kamu banci. Dua-duanya sama gak enaknya.

4. Tidak Jujur


Saya pribadi tidak bisa mentoleransi kebohongan dalam hubungan, apapun bentuknya. Karena fondasi sebuah hubungan adalah kejujuran, dan tanpa fondasi hubungan bakal rubuh kayak bangunan murah…. kecuali fondasinya pakai cakar ayam kualitas tinggi dengan batu gunung pilihan dan ketebalan semen campuran 1 – 1 yang diracik pakai mesin (heh?)

Oke, analoginya mungkin rada gak nyambung. Tapi intinya, tidak jujur adalah pangkalnya selingkuh dan ini adalah ciri-ciri utama seorang cowok yang tidak setia dalam hubungan.

Tanda-tanda Cowok Tidak Setia

Kalau pacar kamu sudah pernah ketahuan bohong, apalagi soal yang berhubungan dengan cewek lain, sudah sewajarnya kamu meninjau ulang hubungan kamu.

“Tapi setelah sekian lama, cowok aku baru bohong sekali. Gimana dong?”

Sekali saja bohong, seseorang jadinya punya kecenderungan untuk terus berbohong. Jadi pacar kamu BUKAN baru sekali bohong, tapi baru sekali KETAHUAN bohong. Artinya, cowok kamu emang jago bohong karena setelah sekian lama si doi baru ketahuan satu kali. Nah, setelah melihat dari sudut pandang ini, masih mau lanjut?

5. Tidak Transparan Soal HP


Banyak orang yang tidak mau terbuka soal hal-hal tertentu saat pacaran, salah satunya dalam persoalan hp. Katanya “HP adalah hal yang privasi. Nanti kalau udah merit baru boleh main cek-cek HP.” Dan konyolnya, mereka berdalih bahwa hubungan yang tidak transparan ini adalah bentuk hubungan yang ‘dewasa’

Kalau memang tidak ada yang perlu disembunyikan, kenapa pacar sendiri aja tidak boleh cek HP kita? Iya kan?

Tanda-tanda Cowok Tidak Setia

Ini adalah dalih paling umum yang dipakai oleh cowok-cowok yang tidak setia. Dan SEMUA teman-teman sepergaulan saya yang berlabel cowok hidung belang memberlakukan larangan ‘cek HP’ ini ke pacarnya. Dan yang juga pernah saya berlakukan di hubungan-hubungan saya waktu masih jaman jahiliyah dulu hehe…

Segala bentuk kebohongan dan ketidaksetiaan ada di dalam HP seorang cowok yang tidak setia. Mungkin berupa chat dengan cewek lain, mungkin foto dengan cewek lain, atau mungkin video mesum jalan bareng sama cewek lain. Apapun bentuknya.

Itulah kenapa HP adalah tempat paling privasi buat mereka dan tempat haram khususnya buat makhluk-makhluk yang mereka sebut pacar. Jadi saya tidak menyarankan kamu untuk percaya bahwa semua cowok itu anti dengan ritual cek-cek HP. Aturan itu cuma terbatas buat cowok-cowok idung belang yang salah satunya mungkin baru aja jadian ama kamu hehe…

6. Lambat Balas Komunikasi


Salah satu tanda cowok tidak setia adalah suka telat balas komunikasi. Apapun bentuknya, mulai dari chat, sms, telepon, radio, kode morse, telepati, macam-macamlah pokoknya. Terutama justru di jam-jam dimana mereka seharusnya sudah tidak terikat jam kerja atau perkuliahan. Aneh kan?

Sebenarnya ada 2 tipe cowok yang umumnya ditemukan di era komunikasi modern sekarang ini. Sebagian besar cowok selalu sibuk dengan hpnya karena mulai dari urusan pekerjaan, pertemanan, pacaran sampai keluarga semuanya terkumpul di sana. Tapi ada juga sebagian kecil cowok yang suka menelantarkan hp karena benci dengan komunikasi digital tanpa tatap mata, contohnya saya dan beberapa teman yang saya kenal.

Nah, kalau pacar kamu orangnya memang seperti sebagian kecil cowok yang benci sosmed, telat balas komunikasi itu wajar-wajar aja. Tapi kalau cowok kamu adalah satu dari sebagian besar cowok yang berlabel ‘zombie gadget‘, terlambat balas komunikasi itu patut dipertanyakan.

Kenapa?

Karena pada kebanyakan kasus, cowok dengan sengaja tidak membalas chat atau sms dari pacarnya untuk menghindari ajakan-ajakan tiba-tiba (yang saya sebutkan di poin 1 tadi), saat dia lagi sibuk sama cewek lain. Baik itu sibuk komunikasi lewat hp dengan cewek lain atau bahkan lagi jalan dengan cewek lain.

Untuk menghindari ini, kamu sebaiknya punya kerabat dekat cowok kamu yang bisa dihubungi saat si doi lambat balas chat. Sekedar untuk memastikan si doi sedang ngapain saat dia sedang tidak membalas chat kamu.

7. Terlalu Sering Ngumpul


Ada satu hal yang kebanyakan cewek tidak tau soal cowok. Dan ketidaktahuan mereka ini sering dimanfaatkan oleh cowok-cowok yang tidak setia, termasuk saya dulu (hehe).

Bahwa cowok sebenarnya tidak segila yang cewek pikirkan soal ngumpul-ngumpul. Cowok juga butuh waktu untuk sendirian, mungkin sekedar untuk berdiam diri di kamar main game atau nonton film horor yang rada mesum. Tapi kebanyakan cowok yang tidak setia menggunakan alasan “ngumpul bareng anak-anak” untuk menutupi kegiatan-kegiatan haramnya dengan cewek-cewek lain.

Jadi kalau pacar kamu keseringan ngumpul, kamu sudah patut curiga. Ada baiknya kamu punya orang kepercayaan di dalam lingkaran pergaulan cowok kamu yang bisa diutus jadi detektif cinta. Untuk sekedar memastikan aja.

8. Susah Ditemui Malam Minggu


Rata-rata cuma ada 4 malam minggu dalam sebulan. Bagi kebanyakan cowok, ini jumlah yang sudah bisa bikin eneg untuk ketemuan sama pacar. Tapi ini adalah masalah buat cowok-cowok yang tidak setia, karena mereka butuh lebih banyak malam minggu untuk koleksi cewek-cewek gebetannya.

Cowok yang tidak setia biasanya menjatah malam minggu untuk setiap cewek yang dia dekati. Malam minggu pertama untuk si A, malam minggu kedua untuk si B, dan seterusnya. Malam mingguan dengan pacarnya sendiri juga sudah dijadwalkan dengan baik. Ingat, cowok-cowok yang tidak setia memang punya kemampuan manajemen waktu yang aduhai.

Nah, ini makanya kenapa mereka tidak bisa seenaknya diajak malam mingguan, bahkan sama pacarnya sekalipun. Saat diajak malam mingguan, cowok-cowok ini punya ribuan alasan untuk menolak. Walaupun kedengarannya logis, jangan sampai ini bikin kamu lengah. Kalau cowok kamu susah diajak malam mingguan, sudah sepatutnya kamu curiga.

9. Jarang Menghubungi


Ada cewek yang percaya bahwa cowoknya sangat cuek sampai-sampai jarang menghubungi duluan. Saking cueknya, si cewek yang harus selalu menghubungi lebih dulu. Padahal, secuek-cueknya pembawaan seorang cowok, tidak akan bisa secuek itu ke pacar sendiri sampai-sampai harus selalu dihubungi lebih dulu.

Satu-satunya penyebab kenapa cowok jarang menghubungi pacarnya adalah distraksi. Distraksi bisa disebabkan oleh pekerjaan, tugas kuliah atau urusan-urusan keluarga. Tapi kalau pacar kamu tidak disibukkan oleh pekerjaan, tugas kuliah ataupun urusan-urusan penting lain, kemungkinan besar dia disibukkan oleh cewek lain.

Saya tidak bilang semua cowok yang jarang menghubungi pacarnya sudah jelas tidak setia. Tapi maksud saya, salah satu tanda cowok tidak setia adalah jarang menghubungi pacarnya. Kalau cowok kamu seperti ini, sudah sepantasnya kamu lebih was-was.

10. Punya Banyak Nomer


Saya pribadi tidak melihat adanya alasan untuk punya lebih dari satu nomer, kecuali diharuskan oleh pekerjaan, dikejar oleh penagih utang atau tentunya, punya selingkuhan. Tapi bagi cowok yang tidak setia, selalu ada alasan untuk pakai lebih dari satu nomer. Ini karena selalu ada komunikasi dengan orang lain yang tidak boleh dilihat oleh pacarnya. Jadi satu nomer khusus untuk keluarga, satu nomer untuk pacar, satu nomer untuk teman-teman, satu nomer untuk cewek-cewek lain, satu nomer untuk rentenir, satu nomer untuk band kasidah, satu nomer komunitas loncat tebing, pokoknya gitu aja deh seterusnya…

Pada poin sebelumnya juga sudah saya sebutkan bahwa salah satu ciri cowok tidak setia adalah tidak senang hpnya dicek oleh ceweknya. Kalau ciri tersebut sudah digabungkan dengan ciri pada poin ini, kemungkinan besar cowok kamu punya banyak hal yang dia sembunyikan dari kamu. Dan tidak transparan dalam hubungan adalah tanda bahwa seseorang tidak setia.

11. Punya Banyak Akun Sosmed Palsu


Saya sendiri juga punya akun facebook palsu sebenarnya. Tapi ini lebih kepada tuntutan pekerjaan…. dan sedikit tuntutan stalking tanpa ketahuan (hehe). Tapi intinya, pembuatan akun palsu pasti selalu ada tujuannya. Dan tujuannya adalah sesuatu yang disembunyikan.

Nah, kalau cowok kamu punya satu akun palsu, ini mungkin masih bisa dimaklumi. Tapi kalau pacar kamu punya 5 akun palsu di setiap sosial media, ini sudah patut kamu pertanyakan sebagai pacar. Apalagi kalau cowok kamu menolak memberikan akses ke akun-akun palsu tersebut.

Dari sekian banyak cowok tidak setia yang pernah saya kenal, punya banyak akun sosmed palsu adalah salah satu kesamaan umum yang mereka punya. Mereka punya koleksi cewek-cewek tertentu di masing-masing akun palsunya yang tidak akan bisa ditemukan di akun aslinya. Dengan akun palsu, mereka bisa ‘nyari mangsa’ dengan lebih leluasa tanpa harus takut ketahuan sama si target atau pacarnya sendiri.

12. Sifat Suka Berubah Drastis


Ciri ini khususnya ada pada cowok-cowok yang sudah terlanjur masuk dalam dunia selingkuh. Makanya poin ini sebenarnya lebih tepat sebagai tanda-tanda cowok yang selingkuh. Ada satu hal yang tidak pernah bisa dipelajari dari pengalaman oleh cowok-cowok seperti ini: selingkuh itu bikin stress.

Selingkuh akan bikin seseorang dihantui rasa was-was secara konstan setiap saat. Apalagi saat jalan bareng dengan salah satu pihak, baik itu pacarnya sendiri atau selingkuhannya. Belum lagi pembagian jadwal dan waktu untuk jalan dengan kedua pihak harus sempurna biar tidak ketahuan. Beban pikiran ini pada akhirnya akan bikin depresi dan bikin tidak stabil secara emosional.

Ini yang membuat cowok-cowok yang selingkuh itu seperti cewek yang lagi haid. Kadang-kadang baik, tapi bisa aja tiba-tiba ngamuk karena alasan sepele. Ini karena sebenarnya ada beban pikiran yang terus dia emban dan tidak boleh dibagikan bahkan sama pacar sendiri (ya iyalah).

Jadi kalau cowok kamu suka mood swing, cuma ada 2 kemungkinan: dia gila atau selingkuh.

13. Gak Suka Tempat Ramai


Salah satu ciri cowok yang tidak setia adalah paranoid tingkat dewa. Mereka benci tempat ramai terutama saat lagi jalan bareng ceweknya. Ini karena di tempat ramai ada kemungkinan bisa ketemu dengan cewek-cewek yang selama ini dia sembunyikan dari pacarnya.

Bahkan saat dia tau sebenarnya sedang tidak dekat dengan cewek manapun, cowok yang tidak setia akan tetap paranoid di tempat ramai. Saya tau pasti, karena dulu saya juga begitu.

Saat itu memang saya sedang tidak dekat dengan cewek manapun. Tapi karena sudah terlalu banyak kebohongan dan kegiatan ‘haram’ yang saya sembunyikan dari pacar saya dulu, saya tidak lagi bisa memprediksi siapa yang akan saya temui di tempat ramai dan kemungkinan buruk apa yang bisa terjadi. Dan ini menjelma menjadi paranoid yang datang sepaket dengan keringat dingin dan perut mules. Dan ini ternyata adalah kesamaan yang umum dimiliki kebanyakan cowok berlabel ‘idung belang’.

Pacar yang tidak setia akan cenderung mengajak kamu jalan ke tempat yang tidak lazim dan tidak ramai. Terkadang kesannya lebih ‘mojok’ daripada jalan bareng. Ini adalah salah satu tanda pacar kamu tidak setia, jadi sudah sebaiknya kamu mulai was-was.

14. Gelisah Saat Ketemuan


Gelisah saat ketemuan juga adalah salah satu ciri pacar tidak setia. Apalagi kalau ketemuannya tiba-tiba dan di tempat ramai pula. Ini karena cowok yang tidak setia sudah membagi waktu ketemuan dan komunikasi dengan cewek-ceweknya secara matang dan terencana. Jadi pertemuan tiba-tiba itu tentu aja bikin dia mules, seperti bencong lorong yang kena grebek satpol PP.

Kalau kamu mau tes, coba datangi cowok kamu yang katanya lagi “ngumpul ama anak-anak” di tempat ramai. Pastikan kedatangan kamu tidak diketahui si doi ataupun teman-temannya. Kalau pas ketemu cowok kamu kelihatannya gugup, kemungkinan besar dia punya sesuatu yang disembunyikan.

15. Terlalu Peduli Sama Penampilan


Kaum hawa selalu punya kewajiban menjaga penampilan bahkan saat sudah punya pasangan. Ini karena (menurut yang saya dengar) cewek juga peduli betul dengan komentar cewek lain soal penampilan.

Ini berbanding 360 derajat dengan cowok. Kita tidak perduli apa yang dikatakan cowok lain soal penampilan kita. Cuma ada 2 alasan umum dan utama kenapa cowok menjaga penampilan: biar tidak dikira gembel dan untuk menarik perhatian lawan jenis.

Biar tidak dikira gembel, cowok cuma perlu berpenampilan ‘sepantasnya’. Yang bikin cowok gila-gilaan dalam persoalan penampilan adalah untuk menarik perhatian lawan jenis. Tapi alasan ini sudah rada luntur ketika cowok sudah terikat komitmen pacaran. Kasarnya, sudah minim alasan untuk terlalu memperhatikan penampilan karena kita sudah ada yang punya.

Cowok yang sudah punya pacar umumnya sudah malas melakukan kegiatan tambahan yang rempong cuma sekedar buat penampilan. Misalnya pakai sepatu mid-high saat jalan, pakai pomade sekilo tiap mau keluar atau pakai jaket kulit yang bikin ruam tiap kali ngumpul.

Tanda-tanda Cowok Tidak Setia

Mengatasi malas belajar adalah hal yang penting untuk di lakukan jika Anda ingin memperolah sebuah kesuksesan dalam belajar. Seseorang yang mampu mengatasi rasa malas sama halnya menyembuhkan sebuah penyakit kronis yang berbahaya.

Cara Mengatasi Malas Belajar

Kenapa malas di katakan sebagai penyakit kronis, karena malas ini adalah sikap mental yang akan selalau menggerogoti jiwa dan pikiran, menumpulkan logika berpikir dan membunuh kreativitas. Bisa di bayangkan bagaimana jadinya jika hal itu terjadi.

Faktor yang menyebabkan rasa malas


Hal penting yang harus di sadari, seseorang yang suka malas belajar tentu ada sebabnya. Karena itu kita harus cermat untuk menelaah faktor-faktor dominan yang menyebabkan timbulnya rasa malas dan kesulitan belajar. Faktor-faktor yang menimbulkan rasa malas antara lain:

  1. Tidak adanya minat, motivasi dan perhatian
  2. Cara belajar yang tidak efektif
  3. Banyak masalah yang di hadapi
  4. Suasana lingkungan yang tidak kondusif
  5. Kesulitan menyesuaikan
  6. Pola asuh orang tua

Cara Mengatasi Malas Belajar


Cara Mengatasi Malas Belajar

Jika di lihat dari faktor yang menyebabkan timbulnya malas belajar, maka cara mengtasi rasa malas ini bisa bermacam-macam sesuai dengan sumber penyebab rasa malas tersebut. Namun secara umum yang dapat di lakukan oleh seseorang dalam mengatasi rasa malas belajar adalah sebagai berikut:

  1. miningkatkan minat, motivasi dan perhatian
  2. Merubah cara belajar menjadi lebih menyenangkan
  3. Menyeleaikan permasalah yang di hadapi dengan segera
  4. Meningkatkan kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada
  5. Membangun hubungan komunikasi positif dengan orang tua

Hal-hal di atas jika di jabarkan akan sangat luas sekali, namun inti dari semua hal di atas hanya satu action. Untuk mengatasi rasa malas belajar yaitu dengan melawannya dengan action meskipun awalnya akan sangat berat tapi jika di lakukan dengan sungguh dan komitmen yang tinggi maka rasa malas akan dapat diperangi.

Cara Mengatasi Malas Belajar

Pasti semua pernah mendengar pepatah ini, kan? Faktanya, makanan yang masuk ke dalam tubuh berpengaruh terhadap kinerja organ dan penampilan setiap orang. Itulah mengapa tidak boleh sembarang makanan boleh dikonsumsi, karena efek jahatnya terhadap kesehatan.

Menu Makan Siang Untuk Kesehatan Jantung

Terutama untuk makanan tinggi garam dan lemak, jika terlalu sering mengonsumsi jenis makanan ini akan lebih mudah berisiko terkena penyakit jantung. Wah, sebahaya itukah?

Di negara maju dan berkembang, penduduknya rentan terkena penyakit jantung. Dan berdasarkan data Survei Sample Registration System (SRS) yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan pada 2014 menunjukkan bahwa penyakit jantung koroner adalah penyebab kematian tertinggi kedua setelah stroke.

Tapi jangan khawatir, Anda tetap dapat menjaga kesehatan jantung dengan asupan bergizi. Berikut daftar Menu Makan Siang Untuk Kesehatan Jantung :

Grilled Salmon


Menu Makan Siang Untuk Kesehatan Jantung

Ibarat kata, Salmon itu makanan super. Bagaimana tidak, ikan salmon mengandung omega-3 tinggi, yakni lemak sehat yang dapat mengurangi risiko gangguan ritme jantung serta menurunkan tekanan darah.

Zat Omega-3 juga bisa menurunkan kadar trigliserida serta mencegah peradangan. Inilah mengapa makanan yang mengandung Omega-3 tinggi sangat direkomendasikan untuk menjaga kesehatan jantung.
Untuk menu makan siang di kantor, Anda bisa olah menjadi Grilled Salmon, kalaupun harus menggunakan minyak pastikan pilih minyak zaitun saja, ya. Sebisa mungkin hindari proses dengan menggoreng, karena justru akan menimbulkan lemak jahat pada salmon.

Oatmeal dan Buah Beri


Menu Makan Siang Untuk Kesehatan Jantung

Pada dasarnya oat terbuat dari gandum yang mengandung beta-glucan, yakni jenis serat spesial yang memiliki banyak manfaat, diantaranya meningkatkan kekebalan hingga menurunkan kolesterol.
Serat dalam oat juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Semangkuk oatmeal hangat akan mengisi perut selama berjam-jam, lho. Dijamin menurunkan keinginan ngemil dan bantu menjaga kadar gula darah stabil sepanjang waktu.

Kalau menyantap oatmeal polosan memang terasa hambar, jadi Anda bisa menambahkan topping buah-buahan atau protein hewani seperti Grilled Salmon.

Buah terbaik untuk menjaga kesehatan jantung datang dari keluarga Berry, dengan kandungan antioksidan tinggi bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah pada pembuluh.

Steak Tuna


Menu Makan Siang Untuk Kesehatan Jantung

Selain salmon sebagai makanan super bagi tubuh, ikan tuna adalah juara keduanya. Tuna mengandung protein lengkap yang akan menjaga jaringan tubuh berfungsi dengan baik. Mulai dari membentuk hormon, enzim, kolagen, antibodi serta menjaga jaringan otot di dalam tubuh.

Protein dalam ikan tuna pun tergolong rendah lemak, sehingga Anda tak perlu khawatir saat mengonsumsinya karena justru lemak ini sangat baik untuk kesehatan jantung.

Untuk menu makan siang yang lezat dan sehat, yuk buat Steak Tuna sendiri di rumah. Panggang menggunakan microwave atau fry pan, pastikan tidak menggunakan minyak sayur, ya. Kalau harus menggunakan minyak, pilih zaitun saja. Lebih sehat, demi jantung sehat!

Buah dan Yogurt


Menu Makan Siang Untuk Kesehatan Jantung

Yogurt adalah olahan berbahan dasar susu yang banyak dinikmati. Rasa semi asam yang dihasilkan pun menciptakan citarasa sendiri, sehingga lebih unik dan lezat.

Dari sisi kesehatan, yogurt mengandung kalium dan kalsium yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu meskipun terbuat dari susu, kandungan lemak pada yogurt cukup rendah sehingga makanan ini sangat direkomendasikan untuk kesehatan jantung.

Untuk menambahkan rasa manis pada yogurt, Anda bisa tambahkan potongan buah seperti apel, alpukat atau beri yang juga punya manfaat baik untuk menjaga jantung. Yogurt campur buah, pas disajikan saat jam santai.

Cah Brokoli dan Tahu


Menu Makan Siang Untuk Kesehatan Jantung

Aneka sayuran berwarna hijau gelap mengandung kalsium, magnesium dan kalium, sehingga sangat dianjurkan mengonsumsi sayuran seperti brokoli dan bayam untuk menjaga kesehatan jantung.

Jika sudah memasuki sistem pencernaan tubuh, kalium berperan untuk membatasi efek natrium pada tekanan darah, dan bersama-sama dengan magnesium dan kalsium untuk mengurangi tekanan darah.
Selain itu, sayuran hijau ternyata juga kaya antioksidan untuk membersihkan racun dari tubuh, lho. Kapanlagi bisa makan sayuran dan langsung mendapat manfaat dobel?

Brokoli bisa Anda olah dengan cara cah/tumis sebentar saja agar nutrisinya tidak hilang. Kombinasikan bersama tahu yang kaya mineral untuk menjaga kesehatan jantung. Lezat, kan?

Salad


Menu Makan Siang Untuk Kesehatan Jantung

Pada dasarnya sayuran hijau sudah menyehatkan, apalagi kalau dicampur bersama sayuran lain menjadi salad? Tentu tidak akan ada yang menolak salad lezat, ya.

Untuk mendapatkan manfaat penuh, kombinasikan salad dari sayuran hijau bersama tomat ceri, potongan roti gandum kering, dan daging ikan suwir. Untuk dressingnya usahakan hindari mayonaise ya, pilih minyak zaitun saja supaya tetap rendah lemak dan sehat.

Sandwich Roti Gandum


Menu Makan Siang Untuk Kesehatan Jantung

Makan sandwich memang tak kenal waktu, saat sarapan atau makan siang pun bisa. Rasanya tetap enak. Dan siapa bilang kalau sandwich itu makanan kurang sehat bahkan menggemukkan? Sebenarnya tergantung dari bahan makanan yang digunakan, jika terlalu banyak karbohidrat dan lemak tentunya akan berdampak buruk bagi jantung.

Tapi lain cerita kalau Anda memilih roti gandum dengan sayuran bernutrisi sebagai isian, ditambah dada ayam cincang kaya protein. Semua zat gizi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Mau punya jantung sehat tapi masih suka menyantap gorengan dan makanan berlemak lain? Yuk mulai gaya hidup sehat sejak sekarang, untuk tubuh sehat di masa depan!

Menu Makan Siang Untuk Kesehatan Jantung

Hujan-hujanan memang menyenangkan dan kamu tidak perlu menunggu Desember untuk hal tersebut. Akan tetapi perlu kamu ingat, hujan-hujanan tanpa menjaga tubuhmu fit dapat menyebabkan penyakit yang akan mengganggu keseharianmu.

Tips untuk Tetap Sehat Saat Musim Hujan

Kamu tidak akan mau terkena hal seperti itu, khususnya jika kamu anak kos-kosan yang sendirian. Oleh karena itu, kamu perlu mengikuti tujuh tips sederhana ini agar tetap sehat walaupun berhujan-hujanan.

1. Tetap terlindungi


Pernahkah kamu bertanya kenapa banyak orang yang terkena demam ketika mereka basah karena hujan? Menurut para ilmuwan, mendinginkan tubuh khususnya bagian kaki, dapat menyebabkan seseorang terkena gejala demam lantaran orang tersebut telah terkena virus demam.

Secara teori tubuh menahan aliran darah untuk menjaga kehangatan tubuh, menyebabkan hidung meler yang sangat disukai virus demam. Karena itu gunakan pelindung macam jas hujan agar tubuhmu tidak basah kena hujan.

2. Mengonsumsi asupan vitamin C


Vitamin C membantu mempercepat penyembuhan diri terhadap virus. Masih banyak perdebatan apakah vitamin C merupakan obat untuk demam, namun tidak ada salahnya mengonsumsinya karena dapat membantu kinerja antibodi. Coba masukkan lada merah dan hijau, pepaya, dan nanas dalam menu keseharianmu guna menambah asupan vitamin C.

3. Mandi


Tampak berlawanan bukan? Kenapa harus mandi jika sudah basah? Itu karena mandi, terlebih menggunakan air hangat setelah hujan-hujanan meningkatkan suhu tubuhmu.

Di sisi lain, mandi juga membersihkanmu dari kuman-kuman yang menempel di tubuh dan melindungimu dari infeksi. Jika tidak merasa ingin mandi, paling tidak cobalah merendam kakimu dengan air hangat.

4. Makan makanan berkuah panas


Tidak salah kok untuk minum minuman panas di musim hujan mengingat udaranya yang cukup dingin. Kamu bisa mencoba teh hijau atau cokelat panas sebagai menunya.

Semangkok sup panas juga baik bagi tubuhmu. Hal ini dapat mencegah demam atau infeksi karena adanya perubahan suhu yang terjadi pada tubuhmu.

5. Menjaga kebersihan dan kerapian


Mungkin ini terkesan tidak penting, tetapi menjaga kebersihan membuatmu selalu higienis. Perlu diingat kuman menyebar di tempat-tempat kotor, jadi menjaga kebersihan telah menghindari kamu dari kuman-kuman tersebut. Selain itu kamar yang rapi mampu membuatmu beristirahat lebih nyaman.

6. Banyak minum air


Jangan pernah menunggu haus sebelum meminum air. Haus merupakan pertanda tubuhmu mengalami dehidrasi. Dengan tetap terhidrasi walaupun dalam kondisi rendah temperatur membuatmu terus menerus mengeluarkan racun-racun di luar tubuhmu lewat kecing yang kamu keluarkan.

7. Perhatikan apa yang kamu makan


Menjaga nutrisi adalah hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan. Sering-seringlah memasak makanan rumah ketimbang jajan di luar. Itu untuk menjaga higienitas nutrisi yang masuk ke dalam tubuhmu agar tidak ada kuman yang ikut.

Masih banyak lagi tips yang bisa ditulis tentang menjaga kesehatan di musim hujan, tapi itu tidak akan selesai jika ditulis semua. Lagipula cukup dengan mengikuti tujuh tips di atas saja sudah cukup menjamin kesehatanmu kok.

Tips untuk Tetap Sehat Saat Musim Hujan

Metabolisme adalah istilah yang berasal dari bahasa Yunani, yang artinya perubahan atau transformasi. Metabolisme merupakan suatu proses kimiawi yang terjadi di dalam tubuh semua makhluk hidup, proses ini merupakan pertukaran zat ataupun suatu organisme dengan lingkungannya. Metabolisme juga terkait dengan berbagai macam proses yang terjadi dalam tubuh yang mengubah makanan dan zat lain menjadi energi atau produk metabolik lainnya yang digunakan oleh tubuh.

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme membantu proses pencernaan dalam menyerap nutrisi. Hal ini paling dipengaruhi oleh nutrisi, hidrasi dan aktivitas fisik. Setiap item merupakan aspek yang penting bagi kesehatan metabolisme yang optimal. Ketika salah satu ada yang kurang, maka akan menurunkan tingkat metabolisme dalam tubuh dan dapat berakibat meningkatnya jumlah lemak dalam tubuh.

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh


Jika metabolisme dalam tubuh lancar, maka tubuh dapat dengan baik mengurai lemak yang berada dalam tubuh. Keadaan metabolisme tubuh yang baik juga dapat meningkatkan jumlah kalori yang dapat dibakar oleh tubuh. Metabolisme tubuh yang baik, dapat membantu untuk menurunkan berat badan menjadi lebih ideal. Berikut cara meningkatkan metabolisme tubuh.

1. Rutin berolahraga


Hal pertama yang bisa dilakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh adalah dengan berolahraga secara rutin. Dengan demikian, tubuh akan bergerak yang nantinya membuat tubuh dapat membakar kalori dengan baik. Olahraga juga akan memacu jantung agar lebih cepat dalam memompa darah. Tujuannya, agar peredaran darah menjadi lebih cepat dan lancar. Olahraga juga menjadi cara yang sangat baik untuk membakar kelebihan kalori, sehingga berat badan mudah terkontrol.

2. Minum air putih yang cukup


Para peneliti di Jerman menemukan bahwa minum air dingin dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga sekitar 50 kalori per hari. Tubuh memerlukan energi untuk memanaskan air yang dingin, agar suhu tubuh tetap stabil. Minum air putih yang cukup setiap harinya juga dapat membantu proses pembakaran energi (kalori) dapat berjalan dengan baik. Tubuh perlu air agar membuat kerja metabolisme menjadi maksimal. Dengan mminum air putih yang cukup, dapat berguna untuk mengatur suhu tubuh dan melancarkan aliran darah, sehingga dapat menyebarkan gizi ke seluruh tubuh dengan baik.

3. Makanan yang mengandung serat


Menurut Livestrong.com, konsumsi makanan berserat secara rutin berdampak baik pada pencernaan, serta membantu untuk usaha penurunan berat badan. Serat bisa membantu tubuh membakar lemak hingga 30 persen. Orang yang makan banyak serat, lebih jarang ada yang mengalami kegemukan. Asupan serat dapat diperoleh dari sayuran, buah dan biji-bijian.

Sayuran seperti seledri dan brokoli merupakan sumber serat yang sangat baik dari jenis serat tidak larut. Sementara sumber terbaik dari jenis serat larut seperti gandum, kacang-kacangan dan beberapa buah-buahan. Dengan memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat maka tubuh akan cukup mendapatkan serat tak kurang dari 25 gram per hari.

4. Asupan Protein


Protein memiliki peran untuk membantu membakar kalori hingga sebanyak 35 persen. Para ahli kesehatan ada yang menjelaskan bahwa tubuh membakar kalori dua kali lebih bayak saat mencerna protein dibandingkan saat mencerna karbohidrat dan lemak. Tubuh sangat membutuhkan protein untuk menjaga kesehatan otot tubuh. Oleh karena itu, sangat dianjurkan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein guna meningkatkan metabolisme. Makan daging atau ikan bebas lemak dapat menjadi pilihan terbaik untuk menu sehari-hari.

5. Konsumsi kafein


Kafein berfungsi sebagai stimulan sisitem saraf, yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 5-8 persen dengan syarat mengonsumsi kafein secukupnya. Kandungan kafein bisa diperoleh dari teh dan kopi. Dalam sebuah penelitian di Jepang di temukan bahwa secangkir teh hijau dapat meningkatkan meabolisme sebesar 12 persen.

6. Makan yang cukup dan teratur


Makan yang cukup dan jangan melakukan diet yang terlalu ketat sangat dianjurkan. Jika Anda terlalu membatasi kalori untuk menurunkan berat badan, maka besar kemungkinan jumlah kalori dalam tubuh terlalu rendah dan bisa membahayakan metabolisme.

Pada saat tubuh kekurangan kalori, maka tubuh akan memetabolisme dan membakar jaringan otot untuk dijadikan energi. Selain itu, makan yang teratur juga sangat diperlukan, sehingga seseorang tidak akan kelebihan ataupun kekurangan kalori dalam tubuh. Terkait dengan hal itu, disarankan untuk makan 4-6 kali per hari, tetapi dalam porsi yang kecil. Tujuannya, agar metabolisme tubuh dapat lebih stabil, sehingga proses pembakaran kalori menjadi lebih sempurna. Sangat baik bagi seseorang untuk mengetahui takaran jumlah takaran makanan yang tepat untuk tubuhnya. Tujuannya, agar seseorang tidak akan terlalu berlebihan dalam makan hingga sampai kenyang yang berlebihan dan dapat membahayakan tubuh.

7. Cukup tidur


Sebuah penelitian di Australia menemukan hubungan sebab-akibat pada pola tidur dengan obesitas yang terjadi dikalangan remaja. Penelitian yang lain pada tahun 2004 di Columbia University dengan melibatkan 18.000 orang. Menemukan hasil bahwa orang yang tidur kurang dari 4 jam setiap malam, memiliki kecenderungan 73% menjadi gemuk, dibandingkan mereka yang tidur selama 7-9 jam. Tetapi jika tidur lebih dari 10 jam juga beresiko kegemukan.

Dari kedua penelitian tersebut dapat diketahui bahwa ketika seseorang tidur maka tubuh akan mengasilkan zat hormon yang dapat membuat kerja metabolisme tubuh menjadi cepat. Sehingga tidur yang cukup akan sangat baik dalam meningkatkan kerja metabolisme tubuh. Tetapi perlu dihindari juga tidur yang berlebihan. Di sini tidur juga memainkan peranan dalam penurunan ataupun kenaikan berat badan. Sederhananya, seseorang yang kekurangan tidur berisiko mengalami “kelaparan” sehingga cenderung berlebihan mengonsumsi makanan. Demikian juga orang yang kelebihan tidur, ketika ia bangun yang dirasa justru hasrat untuk makan.

8. Mengonsumsi makanan organik (bebas bahan kimia)


Penelitian dari Kanada menyebutkan bahwa tubuh yang terlalu banyak menyimpan racun dapat menyebabkan kesulitan menurunkan berat badan. Hal ini mungkin karena racun di dalam tubuh yang memperlambat proses pembakaran energi dalam tubuh.

Pada studi lain juga menemukan hasil penelitian bahwa pestisida bisa memicu kenaikan berat badan. Hindari racun dari makanan yang dikonsumsi. Usahakan memilih buah-buahan dan sayuran yang tumbuh secara alami organik (bebas bahan kimia).

9. Konsumsi makanan ber zat besi


Zat besi dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel darah merah yang berfungsi mengedarkan oksigen yang dibutuhkan otot untuk membakar lemak. Banyak sekali makanan yang kaya akan kandungan zat besi, seperti daging bebas lemak, kacang-kacangan dan bayam.

10. Penuhi vitamin D


Vitamin D sangat bermanfaat bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh. Vitamin D bisa didapat dengan mengonsumsi tuna, udang, telur dan tahu, serta berjemur di bawah sinar matahari pagi.

11. Makan makanan pedas


Makanan pedas mengandung senyawa kimia yang bisa memicu metabolisme lebih cepat. Akan tetapi jangan berlebiha dalam mengonsumsi makanan pedas, karena dapat menimbulkan gangguan pencernaan.

12. Sarapan pagi


Sarapan dapat meningkatkan metabolisme tubuh agar tetap fit sepanjang hari. Sarpan tentunya harus saran sehat, yang rendah lemak dan juga tinggi serat. Ada beberapa cara mudah sarapan yang disarankan yaitu oatmeal, yogurt atau susu rendah lemak. Sarapan sangat diperlukan, karena jika dilihat orang yang tidak sarapan justru 4 kali lipat lebih berisiko mengalami kegemukan.

Demikian tadi informasi tentang cara meningkatkan metabolisme yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini. Kami berharap sajian informasi kali ini dapat berguna bagi kita semua. Sekian dari kami, semoga bermanfaat.

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kini tampil memikat bagi seorang muslimah terasa lebih mudah sebab bisa dengan nyaman memilih model busana muslim yang menawan. busana untuk kalangan muslim bisa disebut sebagai gamis namun pilihan modelnya lebih variatif dan tentu saja atraktif.

Busana Muslim Berwarna Cerah

Busana zaman sekarang memang tidak selalu identik untuk acara formal, tergantung pada cara Anda memakainya. Ketika menjadikannya terlihat casual maka sah saja dan terlihat normal mengenakannya untuk berkeliling pusat perbelanjaan.

Kriteria busana yang Bernuansa Santai


Mengingat ada banyak model busana untuk muslimah yang tersedia di pasaran sudah tentu perlu memilih dengan tepat. Supaya sesuai dengan suasana dan mengincar busana dengan kesan casual atau santai maka kriterianya adalah sebagai berikut :

  • Memiliki warna yang ringan yakni warna-warna cerah.
  • Tidak terdapat banyak detail, bahkan yang polosan akan menjadi pilihan terbaik.
  • Terbuat dari bahan super nyaman dan tentu saja wajib menyerap keringat.

Apabila sudah menemukan model busana santai yang tepat dan memang menyukainya kemudian harganya pun pas. Maka jangan ragu untuk membawanya pulang, dan ketika memerlukan busana lebih formal tinggal Anda padukan dengan aksesoris yang elegan. Inilah salah satu keuntungan memakai busana model santai sebab dengan penambahan aksesoris tertentu sudah bisa memperlihatkan sisi formal Anda selaku pemakainya. Jauh lebih hemat, bukan? Maka dari itu tidak akan rugi membeli busana santai seperti ini.

Busana Warna Cerah dengan Segudang Manfaat


Busana Muslim Berwarna Cerah

Memilih busana muslim yang terkesan santai akan lebih cocok dan menguntungkan jika memakai warna yang cerah. Rupanya dengan memakai pakaian berwarna cerah Anda akan mengantongi sekian manfaat, seperti :

1. Terlihat lebih segar dan muda


Warna yang cerah akan sangat mempengaruhi penampilan dan menariknya warna ini cocok untuk rentang usia berapapun. Seketika tampilan Anda akan terlihat lebih segar dan tentu saja nampak lebih muda tanpa perlu suntik botox dan sebagainya. Mengoreksi penampilan tidak akan butuh perjuangan cukup memakai busana dengan warna cerah.

2. Memperbaiki mood dengan singkat


Ketika Anda merasa kurang bersemangat dalam menyambut matahari terbit, maka bisa mencoba mengenakan busana dengan warna cerah. Sebab dengan warna ini mood atau suasana hati Anda akan berubah dalam sekejap. Sebab warna cerah ini memberikan efek meningkatkan semangat sehingga lebih ceria dan wajah pun jauh dari mimik cemberut. Menghadapi hari tidak pernah sesiap seperti ketika Anda mengenakan busana dengan warna yang lebih cerah.

3. Dijamin jauh dari kata ketinggalan zaman


Memiliki busana model apapun namun dengan warna yang tergolong cerah maka dijamin tidak akan pernah ketinggalan zaman. Sebab warna cerah tidak akan terpengaruh oleh trend, sehingga menjadi andalan penampilan terbaik. Tatkala Anda bingung hendak memakai busana apa maka jadikan busana warna cerah sebagai pilihan, dijamin Anda akan langsung nyaman. Tampil modern setiap saat? busana dengan warna cerah dan menggoda adalah pilihan yang sangat tepat.

4. Mudah mendapatkan perhatian


Bagi Anda yang kebetulan ingin menjadi pusat perhatian namun karena alasan memiliki penampilan yang menarik. Maka memakai busana dengan warna cerah bisa dijadikan kunci untuk mendapatkan suasana tersebut. Warna yang cerah membuat Anda terlihat mencolok, dalam artian tidak berlebihan sebab mampu mempengaruhi suasana sebuah ruangan maupun keramaian menjadi lebih baik. Usahakan memilih model busana muslim yang sesuai selera supaya lebih percaya diri dan meningkatkan manfaat dari pemilihan warna cerah busana tersebut.

Busana Muslim Berwarna Cerah

Untuk menunjang aktifitas sehari–hari tentunya kita membutuhkan energi yang prima. Tubuh yang dalam kondisi prima tentunya akan memudahkan kita dalam melakukan banyak hal. Namun dalam kondisi ada juga beberapa orang yang memiliki kondisi tubuh mudah lelah. Hal ini tentunya akan membuat aktifitas terhambat. Ada banyak hal yang menjadi penyebab tubuh mudah lelah. Beberapa penyebab itu diantaranya adalah :

Penyebab Tubuh Mudah Lelah

Tidak cukup istirahat


Dalam hal ini, istirahat terbaik adalah tidur. Orang dewasa setidaknya membutuhkan waktu minimal 7 sampai 8 jam sehari untuk mencukupi kebutuhan tidurnya. Kurang istirahat bisa membuat anda menjadi mudah lelah. Hal lain yang lebih berbahaya juga adalah dengan kualitas dan kuantitas tidur yang buruk bisa menyebabkan hal yang buruk bagi kesehatan dan konsentrasi kita.

Gangguan tidur


Gangguan tidur yang sering menyebabkan tubuh mudah lelah adalah adalah sleep apnea. Sleep apnea ini merupakan gangguan tidur yang ditandai dengan sulit napas pada saat tertidur dan terjadi berulang – ulang. Hal ini membuat kita merasa mudah lelah meskipun sudah mendapatkan waktu yang tidur yang cukup. Hal ini karena kualitas tidur yang tidak baik. Dalam beberapa hal, sleep apnea juga berkaitan dengan penyakit seperti hipertensi, gangguan jantung, diabetes, dan stroke. Sleep apnea ini disebabkan karena terjadinya penyempitan pada saluran napas selama tidur yang mengakibatkan suplai oksigen beberapa kali terhenti saat tidur.

Mengidap anemia


Anemia juga menjadi salah satu penyebab tubuh mudah lelah. Terutama bagi wanita saat dalam periode menstruasi. Gejala anemia atau kekurangan sel darah merah membuat tubuh mudah lelah karena sel darah merah sangat dibutuhkan dalam proses membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Deperesi


Selain menyebabkan gangguan emosi, depresi juga menjadi penyebab tubuh mudah lelah. Hal paling terlihat dari hal ini adalah mereka yang terkena depresi biasanya mudah kelelahan, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan.

Kurang energi


Kurang energi dalam hal ini salah satunya karena kurangnya makanan. Tetapi makan terlalu berlebihan pun bisa menyebabkan masalah lain. Cukupilah kebutuhan makanan anda agar tubuh anda menjadi tidak mudah lelah

Kebanyakan mengkonsumsi kafein


Terlalu banyak mengkonsumsi kafein akan mengakibatkan meningkatnya detak jantung, tekanan darah, dan juga kejang. Hal lain juga yang penting, terlalu banyak mengkonsumsi kafein akan menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah

Mengalami dehidrasi


Salah satu penyebab kelelahan juga adalah ketika tubuh terkena dehidrasi. Mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh membuat tubuh menjadi lebih prima dalam beraktifitas

Masalah dengan tiroid


Tiroid sendiri merupakan sebuah kelenjar kecil di daerah leher. Fungsi organ ini adalah untuk mengendalikan metabolisme dan mengatur kemampuan tubuh dalam hal merubah makanan menjadi energi. Ketika kelenjar tiroid ini terganggu, maka metabolisme di dalam tubuh pun akan berjalan lambat. Hal ini lah yang akan membuat tubuh menjadi mudah merasa lelah.

Diabetes


Mereka yang mengalami masalah diabetes umumnya memiliki kadar gula yang tinggi di dalam darah. Masalahnya adalah gula ini tidak masuk ke dalam sel sehingga tidak dapat diubah menjadi energi. Hal ini membua tubuh menjadi mudah lelah meskipun cukup makan.

Ada masalah dengan jantung


Masalah dengan jantung juga akan menjadi penyebab tubuh anda menjadi mudah merasa lelah. Hal ini bisa ditandai ketika anda menjadi mudah lelah ketika sedang melakukan kegiatan sehari – hari. Hal ini menjadi pertanda ada masalah pada jantung anda.

Penanganan


Setelah mengetahui berbagai penyebab tubuh mudah lelah, kita pun harus tahu juga bagaimana cara membuat tubuh agar tidak mudah lelah. Hal ini tentunya akan sangat berguna dalam semua kegiatan anda. Beberapa hal yang bisa anda lakukan adalah :

Istirahat dengan cukup


Mencukupi kebutuhan tidur akan membantu membuat tubuh menjadi tidak mudah lelah. Setidaknya, untuk orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7 sampai 8 jam per hari. Pastikan juga jika kualitas tidur anda baik dan tidak banyak mengalami gangguan.

Olahraga rutin dan teratur


Salah satu hal yang bisa meningkatkan stamina kita adalah olahraga. Banyak olahraga yang bisa kita lakukan untuk membuat tubuh menjadi lebih prima. Salah satu cara mudah adalah dengan berjalan kaki minimal 15 menit setiap harinya.

Cukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh


Dengan mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh maka kita pun akan terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi merupakan salah satu penyebab dari tubuh yang mudah lelah. Setidaknya tubuh kita membutuhkan 8 gelas air sehari.

Pola makan yang sehat


Dengan mengkonsumsi makanan sehat juga akan membuat tubuh kita menjadi lebih berenergi. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah menambah konsumsi protein pada makanan kita dan juga dengan mengkonsumsi lemak sehat.

Batasi konsumsi kafein dan gula


Mengkonsumsi kafein dan gula dalam jumlah yang benar memang bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan energi pada tubuh. Namun terlalu banyak mengkonsumsi gula dan kafein malah akan membuat tubuh menjadi mudah lelah

Itulah beberapa cara yang bisa kita coba agar membuat tubuh menjadi tidak mudah lelah.

Penyebab Tubuh Mudah Lelah